Pemerintah Mau Kurangi 1,6 Juta PNS Tenaga Administrasi

Okezone ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 09:58 WIB
Pemerintah Mau Kurangi 1,6 Juta PNS Tenaga Administrasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. (Foto: Kemenpan RB).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menyatakan, masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) administrasi. Dari total 4,3 juta PNS di seluruh Indonesia, sekitar 1,6 juta atau 37 persen menjadi tenaga administrasi.

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berprofesi sebagai pegawai administrasi. Totalnya ada 1,6 juta pegawai yang menjadi tenaga administrasi dari 4,3 juta ASN di seluruh Indonesia.

MenpanRB, Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah tengah fokus mengurangi tenaga administrasi. Dari total 1,6 juta tersebut, 70 persen di antaranya merupakan PNS pemerintah daerah (pemda).

"Mohon maaf sekali ASN kita dari 4,3 juta itu 1,6 juta nya pegawai administrasi. Ini saya mau kurangi," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi-II DPR, Selasa (23/6/2020).

Tjahjo mengungkapkan, ada dua stratagi mengurangi PNS tenaga administrasi. Pertama, proses rekrutmen CPNS sejak 2019 tidak membuka lowongan tenaga administrasi.

Kedua, kata dia, PNS tenaga administrasi yang ada akan dialihkan pada peran yang bersifat fungsional. Dengan kata lain, dia menjamin PNS jenis tersebut tidak dipecat atau dipaksa pensiun dini.

"Jadi struktur yang bagaimana membangun optimalisasi sumber daya internal dalam membagi peran. Yang 1,6 juta ini kan nggak akan mungkin kita berhentikan," tuturnya.

Mantan Ketua Fraksi PDI-P di DPR itu mengatakan, strategi ini diharapkan efektif untuk mengurangi PNS tenaga administrasi. Apalagi jika 1,6 juta PNS tersebut memasuki masa pensiun.

"Ini kan tunggu pensiun. kecuali dia mau pensiun dipercepat atau mau pensiun dini kalau yang tidak (mau), ini kan tidak mungkin," katanya. (Giri Hartomo)

Editor : Rahmat Fiansyah