Pemerintah Siapkan Program Baru Beli Produk Rakyat

Aditya Pratama ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 23:10 WIB
Pemerintah Siapkan Program Baru Beli Produk Rakyat

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah akan mengeluarkan program baru di masa pandemi Covid-19 bernama Membeli Produk Rakyat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah akan mengeluarkan program baru di masa pandemi Covid-19. Program tersebut bernama Membeli Produk Rakyat.

Basuki mengatakan, rencana program tersebut merupakan hasil dari sidang kabinet paripurna pagi tadi yang dilaksanakan di Istana Negara. Menurutnya presiden telah meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk menyiapkan anggaran.

"Presiden menyampaikan, di Aceh itu ada stok kopi 1,3 triliun enggak ada yang beli. Mungkin nanti juga ada produk rakyat telur, dan yang kami (Kementerian PUPR) lakukan adalah beli karet rakyat, jadi semua langsung ke rakyat," ujar Basuki dalam Rakorbid Nasional PDIP, Kamis (23/7/2020).

Basuki menambahkan, program Membeli Produk Rakyat saat ini dalam tahap perumusan, sekaligus menetapkan produk-produk apa saja yang akan dibeli langsung ke masyarakat.

Dia mencontohkan beberapa produk yang bisa dibeli seperti udang yang stoknya menumpuk tapi tidak terjual, begitu juga dengan kopi dan telur. Dia menyebut, pihaknya akan mengusulkan pembelian aspal buton yang termasuk pembelian langsung ke masyarakat.

"Itu kesimpulan sidang kabinet paripurna pagi tadi yang saya tangkap ini sudah diusulkan karena itu Bu Menteri Keuangan sudah menyiapkan anggaran tinggal proposalnya saja," katanya.

Editor : Dani Dahwilani