Pemilu 2019 Lancar, HT: Terima Kasih TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 17 April 2019 - 13:15 WIB
Pemilu 2019 Lancar, HT: Terima Kasih TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo (tengah) usai menyoblos di TPS 003 Ciranjang, Jakata, Rabu (17/4/2019). HT didamping istri, Liliana Tanaja Tanoeseodibjo dan ketiga anak perempuannya. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) untuk pertama kalinya digelar serentak tahun ini. Meski begitu, pelaksanaan pemilu berjalan lancar, tertib, dan damai.

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo (HT) menyebut, pemilu kali ini berjalan damai. Hal ini, kata dia, tidak lepas dari kerja keras aparat keamanan untuk meminimalisir potensi gangguan pemilu.

"Bersyukur apa yang diberitakan atau ditakutkan banyak orang tidak terjadi. Kita mengalami atau melihat pemilu damai. Ini satu hal yang harus dipuji. Terima kasih kepada TNI dan Polri," ujarnya usai menyoblos di TPS 003 Ciranjang, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

BACA JUGA:

Kompak Pakai Baju Putih, HT Ngevlog Bareng Keluarga Saat Menuju TPS

Selain aparat keamanan, HT juga mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai pengawas pemilu. Kedua lembaga tersebut dinilai berkoordinasi dengan baik.

"Tentunya saya ucapkan selamat untuk penyelenggara pemilihan yaitu KPU dan Bawaslu, bahwa pemilu 2019 ini sangat berhasil," ucapnya.

Merujuk data KPU, jumlah pemilih pada pemilu 2019 mencapai 192.866.254 orang. Sementara, sebanyak 2.086.285 pemilih berada di luar negeri.

Pileg 2019 kali ini diikuti 16 partai politik (parpol). Sementara untuk pilpres diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Untuk nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) dan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi).


Editor : Rahmat Fiansyah