Peneliti CSIS Perkirakan Ekonomi Kuartal III Berpeluang Positif

Aditya Pratama ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:02 WIB
Peneliti CSIS Perkirakan Ekonomi Kuartal III Berpeluang Positif

Konsumsi rumah tangga dan investasi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Konsumsi rumah tangga dan investasi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sumbangsih konsumsi rumah tangga sangat besar sekali sekitar 55-58 persen dan disusul investasi sekitar 30 persen.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Fajar B Hirawan mengatakan, jika pemerintah ingin menjaga pertumbuhan ekonomi, maka yang harus diprioritaskan adalah kedua sektor tersebut. Dia pun optimistis ekonomi pada kuartal III akan tumbuh positif atau minimal 0 persen sejak awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

Hal ini dilihat dari mulai awal Juni 2020 itu dilakukan PSBB transisi yang membolehkan beberapa kegiatan ekonomi mulai bergerak. "Namun kalau kita lihat bagaimana perkembangan selanjutnya memang kita tau bahwa pemerintah punya konsen yang sangat khusus untuk bagaimana meningkatkan kinerja pertumbuhan konsumsi rumah tangga," ujar Fajar dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (8/9/2020).

Fajar menambahkan, upaya yang disiapkan pemerintah saat ini sudah tepat terkait dua hal di atas. Namun, yang menjadi catatan adalah bagaimana efektivitas dari pemberian berbagai bantuan, mulai dari bantuan sosial (bansos), usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga subsidi upah pekerja.

"Karena ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa memang fokus utama dari rumah tangga saat ini mungkin bukan konsumsi tapi mereka berusaha untuk melakukan investasi khususnya portofolio investasi sekarang semakin mudah, ada dana reksa, dan lain sebagainya yang tinggal menggunakan aplikasi," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk