Pengamat Duga Pembentukan Bursa Kripto untuk Kejar Pajak Capital Gain

Aditya Pratama ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 19:21:00 WIB
Pengamat Duga Pembentukan Bursa Kripto untuk Kejar Pajak Capital Gain
Bursa kripto ditargetkan terbentuk akhir tahun ini. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menargetkan pembentukan bursa berjangka aset kripto rampung pada akhir tahun ini. Alasan Bappebti membentuk bursa berjangka aset kripto untuk mengakomodir pesatnya perkembangan investasi kripto di Indonesia.

Soal itu, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, tujuan dari pembuatan bursa kripto sebenarnya adalah mengejar capital gain tax atau pajak atas keuntungan dari transaksi kripto. Menurut dia, kebijakan untuk meregulasi aset kripto sangat tidak konsisten dan Bhima menyebut ada tiga hal yang melatarbelakanginya.

"Pertama, Bank Indonesia akan mengeluarkan central bank digital currency, sementara Bitcoin cs tidak dilarang. Tidak bisa ada dual sistem dalam sistem moneter di suatu negara. China misalnya, meluncurkan yuan digital, kemudian bekukan semua aktivitas kripto lain," kata Bhima kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (18/6/2021).

Kedua, Bhima menyebut, dengan memajaki kripto, artinya dengan sadar pemerintah memasukkan Bitcoin dan uang kripto lainnya sebagai aset yang legal dan ini mempunyai implikasi panjang terkait dampak aset kripto terhadap spekulasi dan merugikan banyak investor. 

"Masa negara memfasilitasi aset yang dia sendiri tidak punya kendali atas naik turunnya harga? Di pasar saham ada ARA dan ARB atau auto reject. Apa di bursa kripto juga ada, kan enggak logis harga Bitcoin dikasih batas pemerintah," ujar dia.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2