Pengangguran di Desa Naik, Menaker: Hanya Sementara

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 08 November 2018 - 20:31 WIB
Pengangguran di Desa Naik, Menaker: Hanya Sementara

ilustrasi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2018 angka pengangguran di perdesaan sebesar 4,04 persen atau naik dari Agustus 2017 yang sebesar 4,01 persen.

Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, kenaikan jumlah pengangguran hanya bersifat sementara. Pasalnya, di perdesaan banyak pekerja informal yang pekerjaannya bergantung pada musim tanam dan panen.

"Pengangguran di perdesaan memang meningkat itu ada banyak faktor, yang paling menonjol di sektor pertanian. Di Agustus ini situasi cenderung berbeda karena belum memasuki masa panen," ujarnya dalam Forum Merdeka Barat 9, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

BACA JUGA:

Menaker Sebut Angka Pengangguran Sentuh Titik Terendah sejak 1998

Angka Pengangguran per Agustus 2018 Turun Jadi 5,34 Persen

Secara musiman, menurut Hanif, jumlah pengangguran perdesaan setiap Agustus cenderung meningkat. Saat panen tiba, nantinya orang-orang desa akan kembali bekerja sehingga pengangguran akan turun. Angka ini terlihat pada data pengangguran yang dirilis setiap Februari.

"Situasi naiknya pengangguran di desa menurut saya tidak permanen. Secara umum memang tingkat pengangguran di kota selalu lebih tinggi dari di desa namun tren secara keseluruhan selalu menurun," ucap Hanif.

Tren yang semakin positif ini, ujar Hanif, disumbang oleh penyerapan tenaga kerja di sejumlah sektor seperti industri manufaktur, pariwisata, dan industri makanan dan minuman. Selain itu, adanya dana desa yang digagas pemerintah dinilai membantu perluasan kesempatan kerja di perdesaan. "Trennya positif namun memang harus tetap berhati-hati," katanya.


Editor : Rahmat Fiansyah