Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid-19, Bio Farma Siapkan 3 Strategi

Oktiani Endarwati · Sabtu, 16 Januari 2021 - 18:21:00 WIB
Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid-19, Bio Farma Siapkan 3 Strategi
Vaksin Covid-19. (Foto:Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Bio Farma (Persero) memiliki tiga strategi untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Pertama, strategi jangka pendek dengan mengimpor produk jadi vaksin dari sejumlah manufaktur seperti Sinovac, Serum Institute of India, AstraZeneca-SiamBio, Pfizer, dan Covax.

"Kita lakukan impor terhadap produk jadi. Itu yang pertama kali kita lakukan dengan Sinovac dan sudah dapat 3 juta dosis  yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan," ujarnya dalam webinar, Sabtu (16/1/2021).

Honesti melanjutkan, jumlah warga Indonesia yang harus divaksin agar tercipta kekebalan kelompok atau herd immunity sangat banyak. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada sekitar 181 juta masyarakat Indonesia yang harus divaksin Covid-19. 

Jika satu orang membutuhkan dua dosis maka vaksin yang harus dipersiapkan mencapai 362 juta dosis. "Kita juga menyiapkan dosis cadangan sehingga total jumlah dosis yang dibutuhkan berdasarkan diskusi terakhir dengan Kemenkes lebih kurang 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta rakyat Indonesia," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2