Penyerapan Tak Optimal, Harga Gas Industri 6 Dolar AS Diminta Dievaluasi

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 14 April 2021 - 20:52:00 WIB
Penyerapan Tak Optimal, Harga Gas Industri 6 Dolar AS Diminta Dievaluasi
Pemerintah perlu memberikan perhatian pada permasalahan yang dihadapi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan semua pihak, sehingga tidak menimbulkan kerugian di satu sisi. Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, pemerintah perlu memberikan perhatian pada permasalahan yang dihadapi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Salah satunya sengketa pajak PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN atas transaksi tahun pajak 2012 dan 2013. Sengketa pajak itu menjadi salah satu pemicu kerugian perusahaan negara itu pada 2020 sebesar 264,7 juta dolar Amerika Serikat (AS). 

"Kalau kerugian yang disampaikan laporan keuangan paling banyak pajak," kata Komaidi, Rabu (14/4/2021).

Menurut Komaidi, sengketa pajak tersebut seharusnya menjadi perhatian pemerintah di tingkat Kementerian Koordinator. Pasalnya, jika PGN merugi akibat membayar sengketa pajak akan mengurangi setoran dividen ke negara. 

Selain itu, juga akan menghambat pembangunan infrastruktur gas untuk pemerataan penggunaan gas bumi. "Itu seharusnya diselesaikan di pemerintah, masalah kantong kiri kantong kanan, kalau bayar pajak setoran dividen berkurang," ujarnya.

Komaidi melanjutkan, perhatian berikutnya pada penetapan harga gas sebesar 6 dolar AS per MMBTU. Kebijakan ini juga menjadi penyebab PGN rugi. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2