Perang Dagang, Surplus China dengan AS Makin Besar

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 16:50 WIB
Perang Dagang, Surplus China dengan AS Makin Besar

ilustrasi. (Foto: Ant)

BEIJING, iNews.id - Surplus neraca perdagangan China dengan Amerika Serikat (AS) makin besar. Upaya AS membebani China dengan tarif yang berujung pada perang dagang tidak membuahkan hasil.

Dilansir AFP, Sabtu (8/12/2018), surplus neraca dagang China terhadap AS pada November 2018 menyentuh 35,6 miliar dolar AS. Ekspor China ke negara-negara lain juga terus meningkat sementara impornya turun.

BACA JUGA:

Berjalan Lancar, AS Perpanjang Waktu Negosiasi Dagang dengan China

AS Sepakat Tunda Tarif Impor untuk 200 Miliar Dolar AS Produk China

Hubungan antara AS-China akan terus memanas meski Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping terus bernegosiasi. Trump menyebut, China siap membeli barang-barang AS meski Beijing belum pernah mengiyakan.

Ekspor China ke AS masih tumbuh 9,8 persen sementara impor China dari Negara Paman Sam turun 25 persen. Impor kacang kedelai dari AS pada November 2018 tercatat 5,4 juta ton, turun hingga 38 persen.

Para petani AS tampak paling dirugikan dari perang dagang antara kedua negara. Biasanya, pembeli dari China mengimpor kacang kedelai AS pada bulan-bulan terakhir akhir tahun karena panen raya sementara stok kacang kedelai dari Brasil mulai berkurang.

Namun, para pembeli dari China tidak membelinya karena ada tarif impor 25 persen yang ditetapkan pemerintah China untuk kacang kedelai dari AS. Tarif itu menyasar barang-barang dari AS senilai 50 miliar dolar AS, sebagai aksi balas dendam.

Data resmi pemerintah China menyebut, surplus neraca dagang dengan AS menyentuh 293,5 miliar sepanjang Januari-November 2018. Padahal pada periode yang sama tahun lalu tercatat 251,3 miliar dolar AS


Editor : Rahmat Fiansyah