Permintaan Ekspor Lesu, Masyarakat Diajak Beli Pakaian hingga Perhiasan Lokal

Michelle Natalia ยท Minggu, 20 September 2020 - 11:57 WIB
Permintaan Ekspor Lesu, Masyarakat Diajak Beli Pakaian hingga Perhiasan Lokal

Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun menekan perdagangan global. Situasi itu berimbas pada ekspor produk UMKM mulai dari fesyen hingga perhiasan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menekankan pentingnya gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk mendorong peningkatan permintaan produk UMKM di tengah pandemi.

“Gerakan Bangga Buatan Indonesia menurut saya ini sangat penting, terutama untuk mendorong produk UMKM yang bergerak di bidang fesyen, home decor, dan pernak-pernik khas daerah,” kata Teten melalui pernyataan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Produk UMKM itu, kata Teten, memiliki keunggulan yang sangat diminati pasar global sebelum pandemi terjadi. Namun, permintaan ekspor lesu.

Teten berharap, melalui gerakan tersebut, UMKM di Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi yang telah menyebabkan kendala dari sisi permintaan dan penawaran. Apalagi, kebanyakan produk UMKM tersebut berbahan baku lokal.

“Kita punya keunggulan domestik berupa ketersediaan bahan baku, baik bahan endemik maupun hasil tambang, dan saya kira kita kaya dengan budaya seni yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk produksi pernak pernik di Indonesia,” katanya.

Teten menegaskan kekuatan UMKM Indonesia ada pada “custom culture” dan bukan produk massal.

“Ini penting kita perkuat melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar daya beli mereka meningkat dan tidak ragu membeli produk pernak pernik yang dihasilkan UMKM,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah