Pertamina Terjunkan 1.500 Personil Bersihkan Tumpahan Minyak di Karawang

Rahmat Fiansyah ยท Jumat, 09 Agustus 2019 - 16:50 WIB
Pertamina Terjunkan 1.500 Personil Bersihkan Tumpahan Minyak di Karawang

Foto tumpukan karung berisi ceceran minyak mentah di Pantai Mekarjaya, Karawang, Jawa Barat. (Foto: Ant)

KARAWANG, iNews.id - Pertamina menerjunkan total 1.500 personil beserta peralatan lengkap untuk membersihkan tumpahan minyak (oil spill) di Perairan Karawang. Tumpahan minyak itu berasal dari kebocoran yang lepas hingga ke bibir pantai.

VP Relation Pertamina Hulu Energi Offshore North Java (PHE-ONWJ), Ifki Sukarya mengatakan, selain personil dari Pertamina, anggota TNI dan warga sekitar juga ikut membantu membersihkan oil spill. Peralatan sudah dipasang di pesisir dan muara sungai untuk mencegah meluasnya oil spill ke aliran sungai.

Ifki mengatakan, keterlibatan warga sekitar, terutama nelayan merupakan inisiatif sendiri. Namun, Pertamina tetap memberikan mereka perlengkapan sesuai standar keamanan dan keselamatan pembersihan tumpahan minyak.

"Kami menyambut niat baik mereka dan menyiapkan perlengkapan yang sesuai standar HSSE. Mereka juga dicek kesehatannya oleh tim medis yang kita siapkan,” kata Ifki, Jumat (9/8/2019).

Selain itu, dia juga mengapresiasi keterlibatan anggota TNI yang mencapai 87 personil. Mereka terbagi dalam beberapa regu yang berkoordinasi dengan tim Pertamina.

Tumpahan minyak itu, kata Ifki, akan dikumpulkan ke dalam karung plastik sebelum diangkut ke lokasi pengolahan limbah B3. Saat ini, Pertamina juga telah memasang ratusan meter fishnet di pantai terdampak dan 2.700 meter oil boom di muara suangi.

"Peralatan ini dapat mengisolir sebaran oil spill di atas permukaan dan menghambat pergerakannya masuk ke dalam aliran sungai," kata dia.

Kehadiran peralatan tersebut diharapkan bisa mengendalikan pencemaran perairan dan sungai, sehingga kehidupan biota laut dan sungai tetap terjaga.

Editor : Rahmat Fiansyah