Pesan Jokowi Genjot Ekspor: Jangan Bersaing dengan Produk Massal

Rully Ramli ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 13:40 WIB
Pesan Jokowi Genjot Ekspor: Jangan Bersaing dengan Produk Massal

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam pembukaan Pemeran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Presiden didampingi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (kanan) dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf (kiri). (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Kinerja ekspor nasional diprediksi tertekan pada tahun ini seiring perlambatan ekonomi global. Eksportir diminta kreatif dalam membuka pasar-pasar ekspor baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia harus memanfaatkan keunggulan komparatifnya supaya bisa bertahan di tengah persaingan global. Namun, dia menilai masih banyak peluang ekspor yang bisa digarap.

"Sebetulnya kan pasar-pasar tertentu itu masih banyak peluang. Jangan masuk yang mass product, itu bersaing kita kalah dengan negara-negara yang sudah memproduksi secara massal," kata Presiden saat membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

BACA JUGA:

UMKM Binaan Bank Indonesia Cetak Ekspor Rp1,4 Triliun

Menurutnya, produk kerajinan tangan adalah salah satu produk yang bisa dimaksimalkan ekspornya. Dia menilai, RI memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari negara lainnya dalam menghasilkan produk-produk kerajinan tangan.

"Yang benar ya seperti ini produk-produk handicraft, yang penuh dengan keterampilan tangan. Hand made. Kekuatan kita ada di situ," ujar dia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, para pelaku yang berkecimpung dalam produk kerajinan tangan perlu untuk meningkatkan ekspornya.

"Ada banyak peluang yang bisa dimasuki tapi itu adalah jenis yang kecil, tertentu. Tapi kalau dalam pasar global kan gede banget," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah