Pesan Jokowi soal Pencopotan Dirut Garuda Indonesia: Jangan Ada yang Mengulang

Aditya Pratama ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 19:01 WIB
Pesan Jokowi soal Pencopotan Dirut Garuda Indonesia: Jangan Ada yang Mengulang

Presiden Joko Widodo. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait masalah yang mendera PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan berujung pemecatan terhadap Direktur Utama (Dirut) Ari Askhara. Pimpinan maskapai penerbangan ini diduga kuat terlibat menyelundupkan suku cadang motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Untuk itu, Jokowi meminta tidak ada lagi pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan hal serupa. "Itu tegas sekali, saya kira pesannya tegas sekali sudah, saya tidak akan mengulang. Jangan ada yang mengulang-ngulang seperti itu lagi," ujar Jokowi usai meresmikan Tol JORR 2 di Gerbang Tol Parigi, Tangerang Selatan, Jumat (6/12/2019).

Jokowi juga menyebut apa yang disampaikan sebelumnya oleh Menteri BUMN Erick Thohir terkait persoalan Dirut Garuda Ari Askhara hingga berujung pemecatan sudah tegas. "Menteri BUMN sudah tegas sekali, sudah, itu pesan untuk semuanya, jangan main-main, sudah" kata dia.

Dugaan penyelundupan Harley-Davidson ini dinilai berpotensi pidana. Pasalnya, ada indikasi kuat aksi tersebut merupakan impor ilegal.

Erick Thohir mengatakan, penyelundupan yang dilakukan Ari Askhara merugikan negara. Nilai kerugian akibat penyelundupan tersebut mencapai Rp1,5 miliar.

"Kalau kerugian negara ini sudah menjadi faktor yang tidak hanya perdata tapi menjadi faktor pidana ini yang sangat memberatkan," kata Erick di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Untuk mengisi kekosongan kursi Dirut, Dewan Komisaris Garuda Indonesia menetapkan Fuad Rizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut.  VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan mengatakan, penetapan ini sesuai dengan Surat Keterangan (SK) Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019. 

Dalam SK tersebut juga dijelaskan bahwa Fuad tetap menjalankan tugasnya sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia. “Penetapan Fuad Rizal Sebagai Plt Direktur Utama Garuda Indonesia akan berlaku hingga dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia dalam waktu dekat,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (6/12/2019).

Editor : Ranto Rajagukguk