Program Kartu Prakerja per Hari Ini Ada 1.700 Pelatihan

Muhammad Aulia ยท Kamis, 23 April 2020 - 12:45 WIB
Program Kartu Prakerja per Hari Ini Ada 1.700 Pelatihan

Kartu Prakerja. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id –  Program Kartu Prakerja gelombang dua secara resmi dibuka sejak Selasa (21/4/2020) lalu. Sejak Rabu kemarin jam 16.17 WIB, calon peserta yang sudah melakukan registrasi online dalam program Kartu Prakerja mencapai  sekitar 7.658.122 orang.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky memaparkan, pemerintah menyasar sekitar 5,6 juta orang untuk mengikuti program Kartu Prakerja. Oleh sebab itu, dia menekankan agar pemerintah dapat menyediakan pilihan pelatihan sebanyak-banyaknya untuk masyarakat luas.

“Tiap individu tentunya beda-beda latar belakang pendidikannya, kebutuhannya, minatnya, bagaimana dia menilai apakah pelatihan ini bagus atau tidak,” kata Panji saat diskusi virtual, Kamis (23/4/2020).

Dia menegaskan pelatihan-pelatihan yang ada di program Kartu Prakerja sudah cukup beragam. Dia menyebutkan dari pelatihan yang paling praktis sampai dengan pelatihan yang memerlukan tingkat kemahiran yang cukup tinggi telah ada di lembaga-lembaga pelatihan yang tergabung dalam program Kartu Prakerja.

“Ada sekitar 1.500 (pelatihan) dan akan terus bertambah. Sampai hari ini ada nambah 200 lagi. Ini akan terus bertambah. Jadi mulai dari manajemen risiko, programming, coding itu ada, kalau dia mau butuh yang lebih advance,” ucap Panji.

Selain itu, untuk pelatihan yang lebih praktis, dia menuturkan program Kartu Prakerja menyediakan pelatihan seperti bagaimana cara seorang pelaku UMKM melakukan inventarisasi stok barangnya hingga bagaimana seorang pelaku usaha makanan bisa menambah variasi menu yang tempat usahanya jual.

“Dia bisa menggunakan pelatihan yang ringan dan tentu harganya lebih murah, sehingga dia bisa meningkatkan potensi pendapatannya. Mari kita percaya kepada konsumen bahwa mereka bisa memilih dengan rasional,” ujar Panji.

Editor : Ranto Rajagukguk