Puji Lokasi Calon Ibu Kota Baru, Jokowi: Arsitek Pasti Akan Senang

Aditya Pratama ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 22:50 WIB
Puji Lokasi Calon Ibu Kota Baru, Jokowi: Arsitek Pasti Akan Senang

Presiden Jokowi (kiri) saat meninjau lokasi ibu kota baru bersama Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor (kanan) di Sepaku, Panajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (17/12/2019). (Foto: Humas Setkab)

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai lokasi calon ibu kota baru sangat mendukung pembentukan kota berkonsep smart city, compact city, dan green city. Apalagi, kondisi wilayahnya sangat indah.

"Kontur yang sangat bagus, bukan menyulitkan. Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit seperti ini pasti akan senang. Ya lihat saja nanti, desainernya kan pasti senang sekali," kata Jokowi di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut, klaster inti pemerintahan yang berlokasi di Sepaku akan memiliki luas 5.600 hektare (ha). Kawasan yang akan dikembangkan menjadi ibu kota mencapai 56.000 ha.

Di kawasan inilah, kata dia, klaster kesehatan, pendidikan, dan riset inovasi dibangun secara parelel dengan klaster pemerintahan. Area yang kini berupa hutan tanaman industri itu akan ditata ulang.

Dalam jangka panjang, Presiden menyebut pengembangan ibu kota membutuhkan 256.000 ha lahan. Kendati demikian, pengembangan wilayah yang luas tersebut membutuhkan waktu antara 100-200 tahun.

"Yang 256.000 ha memang (saat ini) dicadangkan untuk kawasan-kawasan konservasi," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah