Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Diminta Dorong Konsumsi Kelas Menengah dan Atas

Rina Anggraeni ยท Minggu, 22 November 2020 - 16:39 WIB
Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Diminta Dorong Konsumsi Kelas Menengah dan Atas

Indef meminta pemerintah mendorong konsumsi kelas menengah dan atas untuk berbelanja. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) meminta pemerintah mendorong konsumsi kelas menengah dan atas untuk berbelanja. Hal ini untuk memperbaiki aktivitas ekonomi Indonesia dan keluar dari jurang resesi pada akhir 2020.

Apalagi, ekonomi ASEAN sudah terjadi pembalikan arah dengan pertumbuhan kinerja ekspor yang positif 8,45 persen. "Ini kabar baiknya ada pemulihan ekspor yang lebih cepat, Kita berharap ada perbaikan kualitas surplus perdagangan pada akhir tahun tersisa," ujar Ekonom Indef Yudhistira Bhima saat dihubungi MNC Portal di Jakarta, Minggu (22/11/2020).

Diketahui, neraca perdagangan Indonesia pada Oktober surplus sebesar 3,61 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Hal tersebut didapat dari ekspor Oktober 14,39 miliar dolar AS dan impor Oktober 10,78 miliar dolar AS.

"Meskipun tetap perlu dicermati bahwa surplus masih disebabkan impor yang menurun cukup dalam karena aktivitas di dalam negeri belum pulih," katanya.

Dia menuturkan, angka surplus ini sesuai dengan prediksi melihat masih rendahnya permintaan bahan baku industri di dalam negeri. Impor bahan baku yang turun 5 persen dibandingkan bulan September 2020 atau minus 415,7 juta dolar AS yang mencerminkan produsen masih menahan kenaikan produksi karena daya beli konsumen masih turun.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua