Pulihkan Pariwisata, Singapura Bagikan Voucher Rp1 Juta ke Warga Lokal

Djairan ยท Kamis, 17 September 2020 - 22:43 WIB
Pulihkan Pariwisata, Singapura Bagikan Voucher Rp1 Juta ke Warga Lokal

Setiap warga Singapura yang berusia 18 tahun ke atas akan menerima voucher SingapoRe discovers senilai 100 dolar Singapura (Rp1 juta) dari pemerintah setempat. (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Setiap warga Singapura yang berusia 18 tahun ke atas akan menerima voucher SingapoRediscovers senilai 100 dolar Singapura (Rp1 juta) dari pemerintah setempat. Voucher itu dapat digunakan untuk tur, staycation serta membeli tiket atraksi.

“Ini bukan bagian dari skema bantuan sosial, ini program khusus untuk menumbuhkan kembali tempat-tempat wisata kami, agar dapat bertahan setelah dibangun bertahun-tahun lamanya,” ujar Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (17/9/2020).

Voucher tersebut dapat digunakan antara Desember 2020 hingga akhir Juni tahun depan. Tak hanya itu, subsidi senilai 10 dolar Singapura (Rp100.000) juga akan diberikan kepada anak-anak dan remaja untuk untuk tiket tur dan atraksi. Setiap orang tua juga dapat membeli hingga enam tiket anak-anak atau remaja dengan harga bersubsidi.

Melalui Badan Pariwisata Singapura (STB), pelaksanaan program tersebut akan membantu menghidupkan kembali industri pariwisata lokal yang telah terpukul parah oleh Covid-19. Sebab, kebijakan lockdown selama pandemi telah menghilangkan sebagian besar keuntungan dari kedatangan turis asing.

Voucher wisata itu akan diberikan melalui layanan transaksi elektronik dari pemerintah, SingPass. Penduduk lokal dapat menggunakannya untuk membeli tiket atraksi dan tur, dan pemesanan akomodasi di hotel berlisensi. Pemerintah juga akan menunjuk penyedia platform lain untuk bermitra dalam pengaplikasian voucher.

"Melalui SingPass sebagai mode transaksi utama, kami akan merancang mekanisme anti penipuan ke dalam sistem, langkah itu akan diperkuat saat kami bekerja dengan operator platform lain yang nantinya akan ditunjuk melalui tender," kata CEO STB, Keith Tan.    

Editor : Ranto Rajagukguk