Punya Kedekatan Emosional, Menko Luhut: BJ Habibie Seorang Demokrat Sejati

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 12 September 2019 - 22:11 WIB
Punya Kedekatan Emosional, Menko Luhut: BJ Habibie Seorang Demokrat Sejati

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tutup usia. Kepergian presiden ke-3 RI itu menyisakan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengaku memiliki kedekatan emosional dengan Habibie. Saat Habibie menjabat sebagai RI-1, Luhut diminta menjadi Duta Besar RI untuk Singapura.

"Saya pribadi punya hubungan yang agak emosional dengan beliau, menurut saya beliau adalah seorang demokrat sejati," ujarnya di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Luhut mengatakan, Habibie memintanya untuk memperbaiki hubungan Indonesia-Singapura yang sempat memanas saat krisis 1998/99. Habibie, kata dia, memintanya langsung untuk menjadi dubes di negara tersebut sebagai bentuk tugas negara.

Selain itu, Luhut juga memuji keputusan Habibie yang sangat berani melepaskan jabatan sebagai presiden hanya untuk mempersiapkan suksesi kepemimpinan lewat pemilu langsung yang demokratis. Setelah lengser, Habibie berani menyatakan berhenti mengurusi masalah politik.

Habibie dinilainya merupakan contoh negarawan sejati. Pria asal Sulsel itu benar-benar pensiun dan hanya memberikan nasihat kepada presiden-presiden selanjutnya tanpa mempunyai kepentingan politik atau ekonomi apapun.

"Keberanian inilah yang harus dicontoh dari mantan Presiden Habibie," kata dia.


Editor : Rahmat Fiansyah