Rampung 2020, Halal Park Diharapkan Jadi Pusat Produk Muslim Dunia

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 16 April 2019 - 21:05 WIB
Rampung 2020, Halal Park Diharapkan Jadi Pusat Produk Muslim Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno). (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ditugaskan untuk menyediakan produk dari beberapa perusahaan BUMN untuk Halal Park. Pasalnya, Halal Park ini akan menjadi ekosistem bagi pelaku industri halal.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, proyek ini membutuhkan waktu pembangunan selama dua tahun setelah sebelumnya telah dikaji bersama Presiden Joko Widodo selama 1,5 tahun.

"Kita melihat ini makan waktu pembangunan dua tahun, kakau gitu kita lebih baik kita buat untuk yang sementara dulu, atau nantinya besarnya akan di sini," ujarnya saat membuka miniatur Halal Park di GBK Senayan, Jakarta, Rabu (16/4/2019).

Salah satu perusahaan BUMN yang menjadi kontraktor proyek ini adalah PT Wijaya Karya  (Persero) Tbk. Adapun proyek ini akan dibangun di atas lahan 21 meter persegi dengan nilai investasi sekitar Rp250 miliar.

"Saya bilang ya sudah sama BUMN saja, akhirnya kita bisa mulai dengan kita desain dulu apa yang kita mau di area yang seperti apa. Kita desain dengan membuat bagaimana membedakan distrik halal dengan yang lain," ucapnya.

Dia menginginkan nantinya Halal Park ini bisa menjadi pusat produk muslim yang paling utama di dunia. Untuk itu, Halal Park ini disediakan toko-toko yang menjual produk halal baik produk fashion, makanan, dan minuman agar berbeda dengan Halal Park milik negara lain.

"Kita melihat bahwa kita cari lahannya, itu harus yang friendly, kita bikin event mereka juga berasa nyaman. Alhamdulillah ada tempat di sini," kata dia.

Halal Park rencananya didesain ramah lingkungan, berkelanjutan, dan menekankan pada Islam Indonesia. "Ini kita siapkan, juga betul mengarah ke Islam Indonesia, kita lihat masjid di Kudus kita ini kan di sini, ada atap Minang, kita sesuaikan semua," ucapnya.

Halal Park akan menyediakan beragam tenant fashion serta makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Halal Park merupakan komitmen pemerintah untuk selalu melibatkan para pelaku bisnis terutama UMKM dalam memajukan ekonomi nasional saat ini dan di masa yang akan datang.

"Di sini nanti ada bank syariahnya, ada rumah kreatif BUMN, UMKM yang masih rumahan atau belum full profesional mereka bisa datang ke sini tanya bagaimana produk mereka jadi produk halal," tuturnya.


Editor : Ranto Rajagukguk