Resmikan Pabrik Gula di Bombana, Jokowi Berharap Bisa Kurangi Impor

Dita Angga ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:17:00 WIB
Resmikan Pabrik Gula di Bombana, Jokowi Berharap Bisa Kurangi Impor
Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula yang berada di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam kunjungan kerjanya ini, pabrik gula terintegrasi tersebut merupakan sebuah keberanian yang patut diapresiasi.

Pabrik dengan kapasitas produksi yang tergolong besar di Indonesia tersebut dioperasikan oleh PT Prima Alam Gemilang dengan teknologi modern yang didukung otomatisasi. "Ini adalah sebuah keberanian. Keberanian membuka sebuah investasi dan usaha di tempat ini. Ini yang harus kita apresiasi dan hargai. Dimulai tiga tahun lalu dan sekarang selesai dan sudah berproduksi," katanya, Kamis (22/10/2020).

Menurut dia, keberanian lain yang patut diapresiasi adalah membuka investasi di masa pandemi. "Di kala situasi ekonomi seperti ini semua pengusaha pasti wait and see, berpikir untuk berinvestasi dan membuka usaha baru. Keputusan ini patut kita hargai," ujarnya.

Selain mengapresiasi keberanian itu, Jokowi juga menyebut, investasi ini mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal. Dalam operasinya, kebun dan pabrik itu dapat menyerap maksimal 15.000 tenaga kerja.

"Membuka industri, membuka pabrik gula, dan yang paling penting membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Ini poin yang paling penting yang ingin saya garis bawahi," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2