Rest Area Diberikan Peringkat Berdasarkan Kualitas, Hasil Diumumkan Akhir Tahun

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 17:40 WIB
Rest Area Diberikan Peringkat Berdasarkan Kualitas, Hasil Diumumkan Akhir Tahun

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menilai kualitas tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol. Peringkat tersebut akan diumumkan pada akhir tahun.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah terus mendorong badan usaha jalan tol (BUJT) meningkatkan pelayanan di rest area, meliputi fasilitas, kebersihan, kerapihan, dan komposisi ruang usaha untuk UKM. Dalam Permen PUPR Nomor 10/PRT/M/2018, rest area dibagi dalam tiga tipe, yaitu A, B, dan C.

"Tipe A atau tipe tertinggi, misalnya harus tersedia paling sedikit fasilitas SPBU, ATM, toilet, klinik kesehatan, bengkel, mushola, warung atau kios, minimarket, restoran, ruang terbuka hijau dan tempat parkir. TIP juga harus dilengkapi fasilitas untuk kemudahan penyandang disabilitas," ujar Basuki melalui keterangan tertulis, Kamis (18/7/2019).

Staf Ahli Menteri PUPR, Sudirman menambahkan, penilaian terhadap kualitas rest area akan dilakukan tahun ini. Penilaian akan melibatkan tim pakar yang independen.

"Awal Agustus akan mulai disosialisasikan, dan pengumuman hasilnya direncanakan pada 3 Desember 2019 bertepatan dengan Hari Bhakti PU," ucap dia.

Hasil evaluasi, kata Sudirman, disampaikan dalam bentuk peringkat. Masing-masing peringkat akan diberikan reward berupa penghargaan dan punishment berupa teguran.

Selain itu, dia memastikan hasil evaluasi ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah menilai kelayakan usulan kenaikan tarif tol.

"Yang terpenting setelah evaluasi dipublikasi, seluruh BUJT dapat lebih terpacu untuk meningkatkan kualitas layanannya," ujar Sudirman.

Dia membocorkan kriteria sebuah rest area dikatakan berkualitas tinggi. Selain fasilitas dasar seperti toilet dan mushola, Sudirman menekankan adanya fasilitas yang ramah difabel, lansia, dan anak-anak. Ruang terbuka hijau, termasuk tempat bermain anak juga harus disediakan.

"Tempat pembuangan sampah juga harus mencukupi di setiap sudut rest area dilengkapi dengan tempat penampungan sementara yang tertutup, serta mobil pengangkut sampah yang memadai," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah