Saudi Ingin OPEC Hanya Pangkas 1 Juta Barel, Harga Minyak Anjlok

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 18:39 WIB
Saudi Ingin OPEC Hanya Pangkas 1 Juta Barel, Harga Minyak Anjlok

Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak mentah dunia turun hingga 4 persen pada sesi pembukaan perdagangan Kamis (6/12/2018). Penurunan ini setelah Arab Saudi menyatakan, pemangkasan produksi minyak 1 juta barel per hari sudah cukup bagi OPEC.

Dilansir CNBC, pernyataan tersebut disampaikan di sela-sela pertemuan OPEC di Wina, Austria untuk mengatasi kelebihan pasokan di pasar global. Arab Saudi sebagai inisiator ingin produksi minyak dikurangi untuk menjaga harga yang terus turun.

Arab Saudi sebelumnya telah mengisyaratkan akan mendorong OPEC memangkas produksi paling sedikit 1,3 juta barel per hari. Tapi, Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan, pengurangan produksi 1 juta barel sudah cukup.

Pasar berekspektasi OPEC akan memangkas produksi 1,2-1,4 juta barel per hari. Pernyataan Al-Falih tentu saja membuat harga minyak anjlok.

Harga minyak mentah Brent siang waktu London diperdagangkan di level 58,65 dolar AS per barel, turun 4 persen. Adapun harga WTI berada di level 50,47 dolar AS pada sesi pagi waktu AS, anjlok 4,5 persen.

Al-Falih menambahkan, Arab Saudi masih cukup nyaman dengan harga minyak saat ini meski belum ada keputusan final soal pemangkasan produksi. OPEC diperkirakan masih menunggu langkah Rusia.

Menteri Energi Rusia, Alexander Novak sebelumnya mengatakan, Moskow akan kesulitan mengurangi pasokan minyak karena situasi di Rusia saat ini sudah masuk musim dingin. Hal ini membuat produksi minyak di lapangan migas di Rusia cukup terganggu. 


Editor : Rahmat Fiansyah