Sedang Didesain, LRT Jabodebek Rute Cibubur-Bogor Butuh Dana Rp12 Triliun

Ilma De Sabrini ยท Senin, 11 November 2019 - 13:58 WIB
Sedang Didesain, LRT Jabodebek Rute Cibubur-Bogor Butuh Dana Rp12 Triliun

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) di samping jalan Tol Jakarta-Cikampek di kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengerjakan proyek LRT Jabodebek secara paralel. Selain tahap I, perusahaan pelat merah itu juga sudah mulai mengerjakan tahap II, terutama rute Cibubur-Bogor.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan, Adhi Karya tengah melakukan studi kelayakan LRT untuk rute Cibubur-Bogor.

"Kita ini sekarang sudah mulai studi ke Bogor. Kita berharap lebih cepat (studinya) karena lebih banyak (jalurnya) nanti di bawah (tanah), tidak elevated (layang)," kata Luhut di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Untuk diketahui, Adhi Karya saat ini mengerjakan LRT Jabodebek Tahap I, yaitu Cawang-Cibubur (Harjamukti), Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur (Jatimulya). Tahap II meliputi Cibubur (Harjamukti)-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah, dan Palmerah-Bogor.

Untuk tahap I, Luhut berharap seluruhnya bisa rampung sekitar Juni atau Juli 2021. Secara umum, progres LRT Tahap I sudah mencapai 67,3 persen dengan rincian Cawang-Cibubur 82,2 persen, Cawang-Dukuh Atas 58,3 persen, dan Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Selain itu, eks perwira tinggi militer itu mengapresiasi Adhi Karya dalam proyek LRT Jabodebek. Selain cepat, proyek transportasi ini melibatkan konten lokal cukup banyak, termasuk pengadaan lokomotif dan gerbong kereta dari PT Inka (Persero).

"Harus karya anak bangsa. Proyek LRT ini saya ngotot harus local content, harus pakai Inka. Alhamdulillah (terealisasi)," ujarnya.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, perseroan saat ini sedang mengerjakan desain proyek untuk rute Cibubur-Bogor.

"Kalau saat ini tahap II kami untuk Cibubur-Bogor dalam proses desain ya. Tinggal nanti instruksi pemerintah kapan mulai, kami siap menjalankan," kata Budi.

Budi mengungkapkan, rute Cibubur-Cawang sepanjang 25,8 kilometer itu akan membutuhkan dana sekitar Rp12 triliun. Adapun lama pembangunan sekitar tiga tahun.


Editor : Rahmat Fiansyah