Sektor Ekonomi Mulai Membaik, Pemerintah Pastikan Utang Lebih Terkendali Tahun Ini

Rina Anggraeni ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 06:40:00 WIB
Sektor Ekonomi Mulai Membaik, Pemerintah Pastikan Utang Lebih Terkendali Tahun Ini
Kemenkeu memastikan utang pemerintah pada 2022 akan terkendali. Defisit APBN diperkirakan lebih rendah karena berbagai sektor ekonomi menunjukkan perbaikan. (foto: dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan utang pemerintah pada 2022 akan terkendali. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menyebut, defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diperkirakan lebih rendah tahun ini dibanding 2021, karena berbagai sektor ekonomi telah menunjukkan indikasi perbaikan.

"Pada 2022, utang akan lebih terkendali. Kenaikan utang pada 2020 jelas countercyclical dari 29 ke 39 atau 40 persen, tapi 2022 akan mulai flat,” ujar Febrio dalam video virtual, Rabu (12/1/2022).

Febrio menjabarkan terdapat lima hal yang menjadi arah kebijakan fiskal 2022. Pertama, akselerasi penanganan Covid-19 dengan penguatan sektor kesehatan sebagai kunci recovery dengan kesuksesan program vaksinasi, protokol kesehatan, peningkatan fasilitas kesehatan, dan obat-obatan.

“Kesehatan tetap menjadi kolom pertama. Kita tahu itu adalah necessary condition,” kata dia.

Kedua, menjaga resiliensi, survival, dan akselerasi pemulihan melalui program perlindungan sosial, dukungan kepada dunia usaha, dan UMKM. Hal ini dilakukan dengan pemberian Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat, dan insentif dunia usaha.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda