Selain Angkut Penumpang dan Kargo, Bandara Kertajati Akan Layani Perawatan Pesawat

Giri Hartomo ยท Selasa, 30 Maret 2021 - 18:51:00 WIB
Selain Angkut Penumpang dan Kargo, Bandara Kertajati Akan Layani Perawatan Pesawat
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Bandara Internasional Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan difungsikan juga sebagai tempat untuk Maintenance, Repair, Overhaul (MRO) atau perawatan pesawat. Namun, Bandara Kertajati ini juga akan tetap melayani penumpang dan kargo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, telah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) untuk pemanfaatan Bandara Internasional Kertajati sebagai MRO pesawat. "Kami sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kasau untuk memanfaatkan kegiatan MRO di Kertajati, maka kita akan segera bangun dan kembangkan di lahan yang sudah ada secepatnya. Kedepannya juga untuk pesawat pribadi yang selama ini melakukan perawatannya di luar negeri," ujarnya dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021). 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dengan difungsikannya Bandara Kertajati sebagai MRO, maka semua pesawat juga bisa perawatan di sana. Karena menurutnya, bisnis dari bandara bukan hanya pada pelayanan penumpang dan kargo saja. 

"Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana. Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada nonpenumpang, kalau kargo sudah dimulai," katanya.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu menambahkan, sudah ada maskapai penerbangan internasional yang minat membuka MRO di Bandara Internasional Kertajati. Hal itu pun sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: