Selama Asian Games, Wisatawan Belanjakan Uang Rp3,7 Triliun

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 16 Oktober 2018 - 19:09:00 WIB
Selama Asian Games, Wisatawan Belanjakan Uang Rp3,7 Triliun
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas melaporkan dampak ekonomi dari Asian Games baik saat persiapan hingga pelaksanaan sebesar Rp40,6 triliun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, demi menyelengarakan Asian Games 2018, pemerintah menyiapkan pembangunan venue olahraga. Fasilitas ini merupakan salah satu investasi yang dapat digunakan hingga Asian Games 2018 berakhir.

"Ketika tahun 1962 kita selenggarakan Asian Games dampaknya tidak pada acara Asian Games-nya tapi lebih kepada infrastruktur yang kemudian dipakai jauh setelah Asian Games itu berlangsung," ujarnya dalam acara Forum Merdeka Barat 9 di kantornya, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Setelah itu, terdapat kontribusi dari operasional penyelenggaran sebesar Rp7,8 triliun. Kemudian, Asian Games 2018 diikuti oleh 1,7 juta wisatawan domestik dan 78.854 wisatawan mancanegara yang menyumbang Rp3,7 triliun untuk perekonomian Indonesia dari pengeluarannya.

"Ini dampak langsung yang artinya spending yang langsung masuk ke dalam sistem perekonomian kita. Belum menghitung dampak tidak langsungnya," ucapnya.

Pengeluaran pengunjung Asian Games sebagian besar untuk belanja suvenir, hotel, dan makanan minuman dengan total pengeluaran total pengeluaran wisatawan mancanegara sebesar Rp1,9 triliun. Sementara, total pengeluaran wisatawan nusantara sebesar Rp1,8 triliun.

"Wisatawan domestik dengan jumlah orang yang jauh lebih banyak memang spending mereka tidak sebesar wisatawan asing sebab mereka tidak perlu hotel terutama sekitar Jabodetabek," kata dia.

Pengunjung Asian Games 2018 tercatat berasal dari 45 negara. Sebanyak 45 cabang olahraga dilaksanakan dan diikuti oleh 11.326 atlet dengan melibatkan 11.567 volunteer dan 6.000 officials, dan diliput oleh 7.000 media.

Berdasarkan analisis pengunjung yang dilakukan Kementerian PPN, wisatawan asal China, Jepang, dan Korea adalah pengunjung terbanyak. Wisatawan dengan waktu tinggal terlama adalah wisatawan asal India, China, dan Belanda.

Secara rata-rata, satu orang wisatawan mancanegara melakukan kunjungan ke venue Asian Games sebanyak tiga hingga empat kali. Sementara, satu orang wisatawan domestik hanya melakukan kunjungan satu hingga dua kali.

Editor : Ranto Rajagukguk