Selebgram Punya Penghasilan Tinggi, Menkominfo: Harus Kena Pajak

Rully Ramli ยท Rabu, 09 Januari 2019 - 22:51 WIB
Selebgram Punya Penghasilan Tinggi, Menkominfo: Harus Kena Pajak

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah mengkaji untuk menyiapkan pajak khusus bagi artis media sosial. Pasalnya, di tengah maraknya artis media sosial sebagai pekerjaan baru dengan pendapatan yang menggiurkan, pemerintah belum menerapkan peraturan tertulis yang mengatur pungutan pajak pekerjaan tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, seharusnya artis media sosial juga dikenakan pajak sama seperti yang kepada selebriti yang mencari penghasilan di dunia nyata. Hal ini untuk menciptakan suatu keadilan.

"Sebetulnya kalau misalkan sekarang selebriti dikenakan aturan pajak itu kan di dunia nyata. Kalau perform di TV misalkan kena pajak di dunia maya harus dikenakan dong. Harus fair dong," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi, yang menjadi wadah atau platform artis media sosial untuk mendapatkan keuntungan. Instagram saat ini menjadi salah satu aplikasi utama yang digunakan oleh para artis media sosial untuk mendapatkan keuntungan, dengan mengunggah iklan berbayar melalui akunnya.

Fenomena artis media sosial Instagram, atau lebih dikenal selebgram saat ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dengan penghasilan fantastis. Keuntungan yang didapat dengan satu unggahan pun mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Rudiantara mengatakan, saat ini belum ada pembahasan mengenai pengenaan pajak terhadap selebgram. Dia menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak.

"Saya misalkan penyanyi. Saya dapat honor saat tampil, kan ada pajaknya. Saat tampil di dunia maya kan dia dapat tuh. Ya submit kepada pajak dong. Bagaimana caranya ya teman-teman pajaklah. (Akan dikaji?) Belum tahu saya," katanya.


Editor : Ranto Rajagukguk