Serap Bawang Merah, Bulog Punya 20 Cold Storage Berkapasitas 260 Ton

Rully Ramli ยท Kamis, 25 April 2019 - 18:25 WIB
Serap Bawang Merah, Bulog Punya 20 Cold Storage Berkapasitas 260 Ton

Bawang merah. (Fotoa: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Sebentar lagi panen bawang merah dan cabai merah tiba. Pemerintah bersiap mengantisipasi anjloknya harga di level petani akibat melimpahnya stok.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta Perum Bulog bersiap menyerap langsung bawang merah hasil panen petani. Hal ini penting agar petani tidak dirugikan saat musim panen tiba.

"Kami sampaikan ke Bulog, kita putuskan agar menyerap langsung dari petani," kata Amran di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Mentan meminta Bulog menyerap bawang merah sebanyak-banyaknya. Stok ini nantinya bisa menjadi cadangan Bulog untuk menstabilkan harga saat musim paceklik.

Untuk menjaga kualitas bawang merah, Mentan telah meminta Bulog untuk menyediakan lemari pendingin (cold storage). Dengan demikian, stok komoditas tersebut bisa bertahan hingga enam bulan. Dia menyebut, salah satu cold storage Bulog ada di Brebes, Jawa Tengah yang menjadi sentra pertanian bawang merah.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo, mengatakan Bulog saat ini sudah memiliki 20 cold storage. Setiap ruang, kata dia, memiliki kapasitas tampung hingga 13 ton, sehingga total kapasitasnya 260 ton.

"Jadi ada 20 kamar, masing-masing 13 ton. Kita baru (bangun) kan dan baru diuji coba. Untuk bawang merah saja," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah