Siapkan Badan Otorita, Luhut Optimistis Ibu Kota Baru Siap Dibangun 2021

Rahmat Fiansyah ยท Jumat, 15 November 2019 - 21:17 WIB
Siapkan Badan Otorita, Luhut Optimistis Ibu Kota Baru Siap Dibangun 2021

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Humas Kemenko Marves)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah menyiapkan pembentukan Badan Otorita (BO) Persiapan, Pemindahan, dan Pembangunan Ibu Kota Negara. Diharapkan, pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur bisa dimulai pada 2021.

"Kami semua sepakat perencanaan ini dapat selesai dalam setahun ini, dan apabila semuanya sudah matang. Kami berharap akhir tahun depan sudah mulai atau awal tahun 2021, sehingga pembangunan nanti ditargetkan selama tiga tahun," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Luhut menambahkan, komposisi BO tengah dimatangkan dan akan dilaporkan segera kepada Presiden Jokowi. Namun, Luhut berharap Kepala BO bisa diisi dari kalangan profesional agar bekerja lebih cepat.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembentukan BO masih menunggu harmonisasi aturan yang terkait pemindahan ibu kota. Namun, aturan ini bisa disinkronisasi lebih cepat karena berbentuk Omnibus Law.

Menurut Suharso, banyak isu yang harus disepakati bersama soal ibu kota baru. Salah satunya status kota tersebut apakah daerah istimewa atau khusus serta posisi ibu kota apakah ibu kota negara, pemerintahan, atau dua-duanya.

"Tentu kita menginginkan itu adalah Ibu kota negara sekaligus Ibukota Pemerintahan, sebab kalau hanya ibu kota pemerintahan, berarti hanya pemerintah saja yang pindah, artinya kementerian atau lembaga negara masih ada di DKI Jakarta, namun kalau bentuknya Ibu kota negara, maka semua pindah. Hal demikianlah yang harus menjadi pemikiran kita semua,” ujar Suharso.

Editor : Rahmat Fiansyah