Sidak ke Ditjen Hortikultura, Mentan Skors 28 PNS

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:24 WIB
Sidak ke Ditjen Hortikultura, Mentan Skors 28 PNS

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pagi ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) untuk tindakan pendisiplinan. Sidak tersebut dilakukan pasca penggeledahan kantor Ditjen Hortikultura oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait rekomendasi impor bawang putih dua hari lalu.

Dia mendapati 28 pegawai negeri sipil (PNS) terlambat masuk kantor dan segera menindak tegas dengan menskors pegawai tersebut selama 3-4 hari. Hal ini menurutnya untuk memberikan efek jera agar tidak terulang ke depannya.

"Ada yang terlambat 28 kami rumahkan dulu 3-4 hari, berdoa di rumah, introspeksi diri di rumah," ujarnya di Ditjen Hortikultura, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Sanksi yang diberikan tidak hanya itu, Amran juga akan mengevaluasi pemotongan upah pegawai melalui tunjangan kinerja.

"Nanti kita lihat (sanksi potong gaji), nanti kita evaluasi," kata dia.

Selanjutnya, pengawasan akan dilakukan oleh tim khusus secara berkala selama dua pekan hingga satu bulan. Jika pihaknya masih menemukan pegawai-pegawai yang masih main-main maka diancam akan mendapatkan sanksi pemecatan.

"Kalau ada yang main-main aku pecat. Aku janji pada mereka, yang main-main aku pecat. Tidak ada kompromi, tidak ada ruang buat bermain-main," ucapnya.

Kepala Bagian Humas Kementan Arief Cahyono mengatakan, sidak dilakukan sejak pukul 06.30 WIB tadi. Amran lantas mengumpulkan seluruh pegawai Ditjen Hortikultura untuk memberi arahan khusus.

Dia juga tak segan memberi peringatan kepada pegawai Ditjen Hortikultura yang datang terlambat hari ini. "(Sidak) ini dalam rangka kedisiplinan. Ada arahan khusus untuk pegawai. Tadi ada juga (pegawai) yang terlambat," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk