Soal Upah Buruh Tahun Depan, Apindo Sebut Jumlah Kenaikan Akan Dibahas

Rully Ramli ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 23:05 WIB
Soal Upah Buruh Tahun Depan, Apindo Sebut Jumlah Kenaikan Akan Dibahas

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebutkan, kenaikan upah buruh untuk tahun depan masih bisa diimplementasikan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebutkan, kenaikan upah buruh untuk tahun depan masih bisa diimplementasikan. Meskipun demikian, perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut mengenai besaran kenaikan upah.

Direktur Eksekutif Apindo Danang Girindrawardana mengatakan, selama Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan masih berlaku maka kenaikan upah buruh masih mungkin terjadi tahun depan.

"Kenaikan upah buruh masih negotiable, masih bisa diimplementasikan," kata dia di Jakarta, Selasa (2/10/2019).

Danang menekankan, untuk rencana kenaikan upah ini perlu dilakukan pembahasan yang lebih mendalam. Menurutnya, perlu ada pemberian kenaikan upah yang lebih besar terhadap golongan buruh tertentu.

"Di golongan-golongan yang mana, area mana, yang ini harus kita bahas. jadi tidak boleh juga dipukul rata," ujarnya.

Hal ini dinilai perlu untuk menyesuaikan kemampuan bayar upah pengusaha di berbagai sektor. Pasalnya, apabila kenaikan upah buruh dilakukan secara merata, maka akan berpotensi menyebabkan kebangkrutan pelaku usaha.

"Itu kan juga merugikan buruh itu sendiri dan merugikan iklim investasi di nasional kan," kata dia.

Mantan Ketua Ombudsman itu juga menyoroti kenaikan upah yang tidak diikuti kenaikan produktivitas buruh. Hal ini dinilai perlu diatasi sesegera mungkin.

"Produktivitas tenaga kerja Indonesia masih di level rendah di ASEAN. Sementara upahnya sudah hampir di level tinggi di seluruh ASEAN. Jadi kontradiktif," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk