Sofyan Djalil Kenang Jasa Habibie Pimpin Indonesia pada Masa Krisis Ekonomi

Rully Ramli ยท Kamis, 12 September 2019 - 14:14 WIB
Sofyan Djalil Kenang Jasa Habibie Pimpin Indonesia pada Masa Krisis Ekonomi

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dikenang banyak pihak sebagai tokoh penting dalam perekonomian nasional. Berkat jasanya, Indonesia berhasil bangkit dari keterpurukan krisis ekonomi yang melanda tahun 1998.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan, Habibie merupakan sosok yang cerdas dalam mengatasi satu permasalahan. Hal ini terbukti dengan berhasil diatasinya setumpuk masalah perekonomian Indonesia pasca Soeharto turun dari kursi Presiden.

Bahkan, pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan itu berhasil memperbaiki kondisi perekonomian nasional dalam waktu yang relatif singkat.

"Beliau menjadi Presiden di waktu ekonomi sulit dengan pendekatan dan tim yang beliau gunakan tim yang sangat profesional dengan pengalaman yang cukup dan waktu yang relatif singkat kondisi yang sangat buruk itu bisa dibalik," tutur dia di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Bukan hanya di sektor perekonomian, Habibie juga dinilai berhasil melakukan transisi kepemimpinan secara baik. Indonesia dinilai berhasil masuk ke sistem pemerintahan yang lebih demokrasi di bawah kepemimpinannya.

"Saya tidak bayangkan bahwa reformasi akan berjalan begitu smooth kalau presidennya bukan Pak Habibie waktu itu," ucap dia.

Sebagai informasi, Habibie telah berpulang di usia 83 tahun, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Dia mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto.


Editor : Ranto Rajagukguk