Sri Mulyani Ajak Jepang Investasi Jalan Tol dan Kereta Api di Sumatra

Rully Ramli ยท Jumat, 03 Mei 2019 - 10:42 WIB
Sri Mulyani Ajak Jepang Investasi Jalan Tol dan Kereta Api di Sumatra

Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) bertemu dengan delegasi Jepang yang diketuai Menteri Keuangan Tara Aso (kiri) di sela-sela Annual Meeting ke-52 ADB di Nadi, Fiji, Kamis (2/5/2019). (Foto: Instagram/@smi

JAKARTA, iNews.id - Indonesia mengadakan pertemuan bilateral dengan Jepang. Kedua negara membicarakan peluang investasi di Indonesia, terutama di bidang infrastruktur.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengundang Jepang untuk berinvestasi infrastruktur di Luar Pulau Jawa. Dia memastikan kepada Jepang bahwa Indonesia akan tetap melanjutkan kebijakan di bidang infrastruktur.

"Saya juga mengundang pemerintah Jepang untuk berinvestasi dalam pembangunan jalan, khususnya di Utara dan Selatan Sumatra di bidang highway (jalan tol) and railway (rel kereta api)," kata Sri Mulyani melalui akun Instagram @smindrawati, Jumat (3/5/2019).

Pernyataan tersebut disampaikan Sri Mulyani saat bertemu dengan Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso. Keduanya bertemu di sela-sela Annual Meeting ke-52 Bank Pembangunan Asia (ADB) di Fiji.

Dalam kesempatan itu, kata Sri Mulyani, Menteri Aso sempat mengucapkan selamat kepada Indonesia atas beroperasinya Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Dia juga berharap, MRT bisa menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di ibu kota.

Sri Mulyani menambahkan Indonesia akan terus mendorong proyek infrastruktur dengan skema kerja pemerintah-badan usaha (KPBU) seperti MRT. Dengan begitu, pembangunan tidak lagi tergantung pada APBN.

"Sedangkan fokus pemerintahan Presiden Jokowi selanjutnya jika terpilih kembali adalah melanjutkan pembangunan di bidang human capital, kesehatan, dan pendidikan," ujar mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.


Editor : Rahmat Fiansyah