Sri Mulyani Berharap IMF Bantu Negara Terdampak Corona

Aditya Pratama ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 10:23 WIB
Sri Mulyani Berharap IMF Bantu Negara Terdampak Corona

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap Dana Moneter Internasional (IMF) membantu negara-negara yang terdampak dari penyebaran virus corona. Diketahui penyebaran virus korona ini telah melanda banyak negara dunia.

Sri Mulyani menyebut, saat ini IMF memiliki dana sekitar 1,5 triliun dolar Amerika Serikat (AS). Hal itu dijabarkan dalam pertemuan virtual antara menteri keuangan dan gubernur bank sentral bersama anggota G20. 

Dana tersebut bisa disalurkan kepada negara-negara yang mengalami capital outflow (aliran modal asing keluar) atau stabilitas keuangan yang sudah tak terjaga dan mengalami krisis,

"Dengan tambahan 500 billion, diharapkan IMF bisa bantu secara otomatis yang saat ini hadapi capital outflow dan situasi likuiditas dari US dollar atau hard currency forex yang sangat ketat," ujar dia dalam video conference, Selasa (25/3/2020), malam.

Meski begitu, Sri Mulyani tidak menjelaskan detail mengenai kemungkinan Indonesia mendapat dana bantuan tersebut. Pasalnya, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, diperlukan persetujuan seluruh shareholder dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut.

"Ini perlu persetujuan dari seluruh shareholder. Namun dana tersebut bisa dijadikan fasilitas swap line kepada seluruh anggota IMF," ujar dia.

Sebagai informasi, anggota IMF terdiri dari 189 negara, yang di dalamnya termasuk Indonesia. Keberadaan IMF dikenal sebagai lembaga yang memberi pinjaman kepada negara yang mengalami krisis.


Editor : Ranto Rajagukguk