Sri Mulyani: IMF Akan Bantu Negara-Negara Dunia Atasi Pelemahan Nilai Tukar

Muhammad Aulia ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 22:45 WIB
Sri Mulyani: IMF Akan Bantu Negara-Negara Dunia Atasi Pelemahan Nilai Tukar

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 berpotensi menekan ekonomi negara-negara dunia, baik dari sisi pertumbuhan ekonomi maupun nilai tukar. Saat ini, kurs negara-negara berkembang (emerging) tertekan dolar AS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, wabah Covid-19 membuat banyak negara kesulitan likuiditas dolar AS, termasuk Indonesia.

"IMF tadi mengatakan banyak negara mengalami capital flight (pembalikan modal), maka banyak negara emerging dan low income country dihadapkan pada likuiditas foreign exchange," katanya lewat video conference usai KTT G-20, Kamis (26/3/2020).

Oleh karena itu, kata dia, Dana Moneter Internasional (IMF) berkomitmen membantu negara-negara tersebut lewat mekanisme direct swap line.

"Ini adalah unprecedented, artinya belum pernah terjadi dan ini akan menjadi salah satu terobosan untuk mencegah negara-negara yang sebetulnya tadinya tidak mengalami masalah, sekarang akan menghadapi masalah rsiiko dari sisi foreign exchange maupun likuiditasnya," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah