Sri Mulyani Ngeluh Pemerintah Pusat Harus Tanggung Beban Pegawai Daerah

Okezone ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 21:07 WIB
Sri Mulyani Ngeluh Pemerintah Pusat Harus Tanggung Beban Pegawai Daerah

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengeluh pemerintah pusat harus menanggung beban daerah. Pasalnya, Kementerian Keuangan selaku bendahara negara harus membayar uang pensiun pegawai daerah.

Sri Mulyani mengkritik kebijakan pemda dalam merekrut pegawai yang dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan SDM.

"Jadi, kami sebagai bendahara negara, makin melihat bahwa ada ketidakseimbangan yang sangat serius dalam keseluruhan policy pegawai di seluruh Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai, pemda terlalu banyak merekrut pegawai, terutama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pemerintah pusat, kata dia, mesti menanggung dana pensiun PPPK.

Selain uang pensiun, Sri Mulyani menyebut pemerintah pusat berpotensi membayar gaji PPPK bila pemda di kemudian hari tak mampu membayar gaji PPPK tiap bulan.

Oleh karena itu, dia berharap pemda lebih bijak merekrut pegawai. Dia menyebut, isu ini perlu dipertimbangkan karena implikasinya bersifat jangka panjang.

"Apabila kita lihat nanti lama-lama pemerintah pusat makin besar belanja untuk pensiun sementara pemerintah daerah merekrut hanya untuk membayar. Jadi ini mungkin sesuatu yang harus kita pikirkan," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah