Sri Mulyani Perkirakan BI Akan Turunkan Suku Bunga Acuan

Rully Ramli ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 20:01 WIB
Sri Mulyani Perkirakan BI Akan Turunkan Suku Bunga Acuan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) diperkirakan dalam waktu dekat melakukan penyesuaian terhadap kebijakan moneternya. Pasalnya, saat ini kondisi global sedang dibayangi kekhawatiran terjadinya perlambatan ekonomi akibat tensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang kembali meningkat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, BI akan melakukan penyesuaian terhadap kebijakannya. Hal ini menyusul kondisi perekonomian global yang mengalami guncangan sehingga bank sentral AS hingga Eropa membuka ruang untuk menurunkan suku bunga acuannya.

"Saya rasa BI juga akan melakukan adjusment atau melakukan penyesuaian situasi moneternya. Bagaimana BI melakukan, saya tentu menghormati apa yang dilakukan BI," katanya di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Penyesuaian kebijakan moneter ini akan ditempuh melalui penyesuaian suku bunga acuan. Saat ini, BI masih mempertahankan suku bunga acuannya di level 6 persen sejak awal tahun.

Selain melalui kebijakan suku bunga acuan, BI juga akan melakukan penyesuaian pada kebijakan makroprudensial. Keduanya diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian domestik.

"Mereka (BI) akan gunakan policy suku bunga maupun policy makroprudensial. Dua-duanya sangat berguna bagi ekonomi kita. Jadi saya hormati," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan akan membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif, sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Ia mengungkapkan, arah kebijakan akomodatif tersebut akan diambil dengan memperhatikan sejumlah perkembangan, di antaranya kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian domestik.


Editor : Ranto Rajagukguk