Sri Mulyani Sebut Dana yang Dikelola LPDP Capai Rp46 Triliun

Okezone ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 11:50 WIB
Sri Mulyani Sebut Dana yang Dikelola LPDP Capai Rp46 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) saat ini mengelola dana Rp46 triliun. Dana abadi pendidikan tersebut diperuntukkan untuk beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Untuk pembiayaan program beasiswa saat ini dana LPDP sudah mencapai Rp46,117 triliun," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Sarasehan LPDP 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/3/2019) malam.

Dalam acara yang juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) itu, Sri Mulyani bercerita, JK sempat terkejut saat mengetahui besarnya dana untuk program beasiswa ini. Dia yakin dana tersebut akan semakin membesar di masa depan.

"Pak Wapres tadi kaget karena duitnya banyak. Saya bilang belum, masih akan banyak lagi. Dananya dipelihara dalam bentuk investasi baik surat berharga negara, deposito, obligasi," tutur dia.

Berdasarkan data Kemenkeu, sejak awal diluncurkan pada 2013, penerima beasiswa LPDP mencapai 20.255 orang. Beasiswa ini diberikan untua program magister dan doktoral.

"Di mana 9.880 adalah penerima beasiswa yang sedang belajar, 7.108 sudah selesai atau menjadi alumni. Serta masih ada 3.266 adalah dalam proses menunggu keberangkatan," ujar dia.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menyatakan, program beasiswa LPDP sudah dikembangkan seusai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selama ini, dana ini berfungsi sebagai afirmasi untuk memperkuat sumber daya manusia di Indonesia.

"Untuk itu beasiswa terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa afirmasi, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan juga dalam bentuk co-funding," katanya. (Yohana Artha Uly)


Editor : Rahmat Fiansyah