Sri Mulyani Usul Tarif Cukai Plastik Rp30.000 per Kilogram

Rully Ramli ยท Selasa, 02 Juli 2019 - 16:10 WIB
Sri Mulyani Usul Tarif Cukai Plastik Rp30.000 per Kilogram

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah dan DPR terus menggodok kebijakan cukai plastik. Salah satu isu yang dibahas yaitu besaran tarif cukai plastik.

"Kami mengusulkan tarif cukai kantong plastik adalah Rp30.000 per kg, atau per lembarnya Rp200," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Usulan tarif tersebut, kata Menkeu, didasarkan pada benchmarking dengan negara-negara tetangga. Angka tersebut tergolong moderat dibandingkan tarif cukai plastik di Filipina sebesar Rp259.422 per kg atau Kamboja Rp127.173 per kg. Malaysia tercatat mengenakan tarif cukai plastik Rp63.504 per kg sementara Vietnam Rp24.793 per kg.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, pengenaan cukai pada plastik dilakukan untuk menekan penggunaan kantong plastik di Tanah Air. Indonesia, kata dia, merupakan negara penghasil sampah laut terbesar kedua di dunia.

"Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 98 miliar lembar sampah plastik dihasilkan tiap tahun, dihasilkan oleh 90 ribu gerai ritel modern di seluruh Indonesia," kata dia.

Menkeu menyebut, sebagian besar sampah laut disumbang oleh plastik. Dari total sampah plastik yang ada, sebanyak 62 persen berasal dari kantong plastik. Untuk itu, cukai akan dikenakan untuk meredam eksternalitas negatif dari plastik terhadap lingkungan.

Editor : Rahmat Fiansyah