Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Harga Barang saat Natal dan Tahun Baru

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 13:28 WIB
Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Harga Barang saat Natal dan Tahun Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, level kenaikan harga barang dan jasa sejauh ini cukup stabil. Hingga November 2019, indeks harga konsumen (IHK) tercatat 3 persen secara tahunan (yoy).

Kendati demikian, dia mengaku tengah mewaspadai kenaikan harga barang dan jasa selama momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Biasanya, terjadi lonjakan harga di akhir tahun.

"Liburan Natal dan Tahun Baru sedikit kenaikan jadi kita harus mewaspadai," kata Menkeu di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Pada Desember 2018, inflasi tercatat cukup rendah 0,62 persen. Sri Mulyani berharap inflasi pada bulan ini tetap terjaga sehingga inflasi pada akhir tahun sesuai target pemerintah.

"Saya rasa (inflasi) di dalam target plus minus 3,5 persen, di dalam kisaran itu. Kalau lihat itu sekarang 2,37 persen (kumulatif), tapi enggak akan besar jadi kita berharap target range itu tercapai," ujarnua.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi bulan November 2019 mencapai 0,14 persen. Secara tahunan, inflasi tercatat 3 persen sementara secara kumulatif (Januari-November 2019) 2,37 persen.

Editor : Rahmat Fiansyah