Studi: Olahraga Membuat Orang Lebih Bahagia daripada Uang

Rully Ramli ยท Minggu, 05 Mei 2019 - 14:05 WIB
Studi: Olahraga Membuat Orang Lebih Bahagia daripada Uang

Olahraga rupanya bisa memberikan efek bahagia layaknya uang. (Foto: ilustrasi/Okezone)

BERLIN, iNews.id - Padatnya jadwal aktivitas, kerap kali membuat banyak orang lupa untuk berolahraga. Padahal, berdasarkan studi terbaru yang ditulis dalam jurnal The Lancet, olahraga dapat memberikan efek bahagia ketimbang mendapatkan uang.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti asal Yale University dan Oxford University. Studi dilakukan dengan melakukan survei terhadap 1,2 juta orang di Amerika.

Dalam survei tersebut, peneliti menanyakan beberapa pertanyaan seputar kesehatan mental dan aktivitas fisik narasumber dalam 30 hari ke belakang, mulai dari memotong rumput hingga bersepeda.

Survei menunjukan, orang yang rajin melakukan aktivitas fisik hanya bersedih rata-rata 35 hari dalam setahun. Sementara mereka yang tidak pernah atau jarang olahraga, cenderung memiliki 18 hari lebih banyak dilewatkan dengan bersedih hati.

Bahkan hasil studi juga menyebutkan bahwa mereka yang rajin berolahraga, cenderung sama bahagianya dengan mereka yang jarang berolahraga dengan pendapatan di atas 25.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp350 juta per tahunnya.

Meskipun begitu, bukan berarti semakin banyak berolahraga maka semakin bahagia anda. Hasil studi itu juga menunjukan bahwa batas waktu olahraga yang ideal adalah sekitar tiga hingga lima sesi (30-60 menit per sesi) setiap minggunya.

"Hubungan antara durasi olahraga dengan beban mental seperti huruf U," kata Adam Checroud dari Yale University yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Bussines Insider Minggu (5/5/2019).

Peneliti juga menggarisbawahi olahraga yang melibatkan proses sosialisasi seperti dalam tim, memiliki dampak positif lebih besar dibandingkan jenis olahraga lain. Meski begitu, seluruh olahraga pada dasarnya memiliki dampak positif bagi kesehatan mental.


Editor : Rahmat Fiansyah

TAG : uang