Sudah Rampung, Roadmap Pendidikan Vokasi Segera Disosialisasikan

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 14:36 WIB
Sudah Rampung, Roadmap Pendidikan Vokasi Segera Disosialisasikan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Setelah fokus membangun infrastruktur, mulai tahun ini pemerintah akan fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu lewat peta jalan (roadmap) pendidikan vokasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah telah menyelesaikan rancangan roadmap pendidikan vokasi. Roadmap ini akan dijelaskan kepada masyarakat dalam minggu ini.

"Ini semua rancangannya sudah tuntas, seminggu ini roadmap untuk pelatihan dan pendidikan vokasi sudah bisa dijelaskan dan dirincikan ke publik," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

BACA JUGA:

Kemenperin Gelontorkan Rp1,78 Triliun untuk Pendidikan Vokasi Industri

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Rancang Roadmap Vokasi

Menurut Menko, pendidikan vokasi ini penting untuk membangun daya saing suatu negara. Dia mengatakan, sebanyak 58 persen pekerja di Indonesia pendidikannya paling tinggi hanya lulusan SMP sehingga tidak memadai untuk bersaing dengan negara lain.

"Intinya kalau mau bersaing, infrastruktur harus baik, logistik baik, SDM baik, baru kemudian kita punya basis yang kuat untuk membangun daya saing. Tapi itu cenderung untuk jangka menengah," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah