Suharso Minta BPS Jaga Data agar Tidak Bocor

Rina Anggraeni ยท Jumat, 25 Juni 2021 - 20:33:00 WIB
 Suharso Minta BPS Jaga Data agar Tidak Bocor
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Suharso Monoarfa.

JAKARTA, iNews.id – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, meminta Badan Pusat Statistik (BPS) menjaga kerahasiaan data agar tidak bocor ke publik. 

Pernyataan itu, disampaikan Suharso melalui video virtual, terkait pergantian Kepala BPS, di Jakarta, Jumat (25/6/2021). Bappenas telah menunjuk Margo Yuwono sebagai Kepala BPS yang baru menggantikan Suhariyanto.

Menurut Suharso, BPS harus tetap menjaga keamanan data, lantaran banyak terjadi kebocoran data bahkan jual beli data pribadi dari lembaga pemerintah yang menimbulkan kehebohan beberapa waktu lalu. 

"Meskipun hal ini tidak mungkin terjadi di BPS, karena bukan domain dari BPS, namun kejadian tersebut membuat masyarakat berfikir untuk ikut memberikan data-data yang terkait dengan data pribadi mereka," ujar Suharso dalam video virtual, Jumat (25/6/2021)

Suharsi juga meminta Kepala BPS, Margo Yuwono, untuk meningkatkan kinerja lembaga tersebut. Apalagi di tengah era digitalisasi seperti ini, data yang akurat, obyektif, cepat, dan kredibel jadi dasar pengambilan kebijakan.

"Keberadaan data yang akurat, obyektif, cepat, dan kredibel di era digitalisasi ini jadi penting. Di mana pemerintah harus lakukan kebijakan yang cepat dan tepat sasaran sejak perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan," kata Suharso.

Dia mengungkapkan, BPS untuk  bisa terus menjaga kepercayaan responden bahwa data yang diberikannya tidak akan dibocorkan ke publik. "Karena itu jadi tantangan bagi BPS, bagaimana hal ini disikapi secara responsif sehingga mampu meyakinkan para responden bahwa data yang mereka berikan kepada BPS terjamin kerahasiaan dan keamanan," tutur Suharso.

Editor : Jeanny Aipassa