Tahun 2020, Jokowi Janjikan PNS dan Pensiunan Dapat Gaji ke-13 dan THR 

Rully Ramli · Jumat, 16 Agustus 2019 - 15:48 WIB
Tahun 2020, Jokowi Janjikan PNS dan Pensiunan Dapat Gaji ke-13 dan THR 

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan akan kembali mendapatkan gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR). Langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah memastikan kesejahteraan aparatur negara.

"Pemerintah tetap memperhatikan kesejahteraan aparatur negara, dengan mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada melalui pemberian gaji dan pensiun ke-13 serta Tunjangan Hari Raya," ujar dia dalam pembacaan Nota Keuangan di Gedung MPR-DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2019).

Rencananya juga, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, pemerintah melakukan reformasi skema program pensiunan untuk ASN.

"Pemerintah juga menyiapkan reformasi skema program pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk aparatur negara," kata dia.

Dengan dilakukannya langkah-langkah ini, Jokowi meminta agar kualitas kerja ASN kembali ditingkatkan. Salah satunya dengan perbaikan kualitas birokrasi di pemerintahan.

Ia mengaku tidak sungkan akan memangkas segala sesuatu yang memperlambat proses birokrasi di pemerintahan.

"Birokrasi yang tidak melayani dan menghambat investasi, serta tidak responsif terhadap kebutuhan rakyat, harus dipangkas. Anggaran belanja barang yang boros dan membebani APBN, harus dihapus," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk