Tantangan Bonus Demografi, Menaker Tekankan Kompetensi dan Produktivitas

Aditya Pratama ยท Sabtu, 28 November 2020 - 19:02:00 WIB
Tantangan Bonus Demografi, Menaker Tekankan Kompetensi dan Produktivitas
MenterI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada periode 2020-2030. Pada periode tersebut struktur penduduk Indonesia sebagian besar akan diisi oleh penduduk usia muda produktif berusia 20-39 tahun. 

Dengan waktu satu dekade ke depan akan menjadi penentuan untuk bisa memanfaatkan peluang besar yang hanya bisa terjadi satu kali. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan, data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020 menunjukkan, terdapat sekitar 138 juta angkatan kerja.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 128 juta penduduk yang bekerja dan 9,7 juta menganggur dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 7,07 persen. Ada kenaikan jumlah penganggur dan TPT yang signifikan akibat dampak pandemi Covid-19. 

Menurut perhitungan BPS, ada sekitar 29,12 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak pandemi Covid-19. Hal ini tentu menambah beban di sektor ketenagakerjaan, selain dari tambahan 2-2,5 juta angkatan kerja baru yang masuk ke pasar kerja setiap tahunnya.

Editor : Ranto Rajagukguk