Tekan Inflasi, Pemda Diminta Manfaatkan Infrastruktur yang Sudah Terbangun

Rully Ramli · Kamis, 25 Juli 2019 - 14:49 WIB
Tekan Inflasi, Pemda Diminta Manfaatkan Infrastruktur yang Sudah Terbangun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Rakornas ini digelar sebagai salah satu upaya pemerintah pusat bersama pemerintah daerah untuk terus menjaga angka inflasi.

Dalam arahannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta kepada seluruh pemimpin daerah untuk memaksimalkan infrastruktur yang telah dibangun. Pemda juga diminta untuk melakukan inovasi terhadap infrastruktur yang telah tersedia.

"Ke depan, pemerintah daerah diharapkan semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun serta melakukan inovasi pengendalian inflasi," ujarnya di Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, pemda diyakini mampu menekan beberapa biaya komponen harga. Salah satunya ialah biaya distribusi.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu menambahkan, pemda bisa mulai membangun jalan-jalan yang terhubung dengan tol yang telah tersedia sebagai bentuk inovasi.

"Ini perlu dibangun sehingga pusat pendukung produksi terhubung langsung ke pasar tujuan," kata dia.

Selain membangun jalan tambahan, Pemda juga bisa membangun beberapa bentuk infrastruktur pendukung lain seperti, pasar pengumpul atau lapangan penimbunan.

Bukan hanya infrastruktur, pria yang juga sempat menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia itu meminta pemda untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini.

"Pemanfaatan platform e-commerce dan sistem pergudangan berbasis IT adalah merupakan upaya penting yang akan mampu mendukung kelancaran dan efisiensi distribusi serta ketersediaan pasokan," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk