Tesla Pilih India, Indonesia Masih Banyak Peluang Cari Mitra Strategis

Dita Angga · Senin, 22 Februari 2021 - 14:15:00 WIB
Tesla Pilih India, Indonesia Masih Banyak Peluang Cari Mitra Strategis
Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc memilih India untuk membangun pabrik mobil listrik. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc memilih India untuk membangun pabrik mobil listrik. Menanggapi hal tersebut, Analis PT Pefindo Martin Pandiangan mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya yang relatif besar dan juga implementasi dari penerapan regulasi yang cenderung efektif. 

Indonesia memiliki cadangan nikel sekitar 52 persen dari cadangan dunia yang dipastikan akan memainkan peran penting dalam industri nikel global termasuk dalam hal untuk baterai kendaraan listrik. Hal ini dinilai akan menarik investasi lain terhadap calon-calon mitra yang mengembangkan pabriknya di Indonesia.

"Melihat hal ini sebenarnya masih banyak peluang untuk Indonesia bisa mendapatkan mitra-mitra strategis lainnya," ujarnya pada Market Review IDX Channel, Senin (22/2/2021).

Menurut dia, untuk membentuk suatu ekosistem baterai listrik di Indonesia memerlukan waktu yang sangat panjang dan tidak bisa diimplementasikan dalam waktu cepat. Di sisi lain, permintaan terhadap stainless steel saat ini meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi global khususnya untuk di China. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2