The Fed Pangkas Suku Bunga, Sri Mulyani: Ini Momentum Dorong Ekonomi

Rully Ramli ยท Kamis, 31 Oktober 2019 - 14:38:00 WIB
The Fed Pangkas Suku Bunga, Sri Mulyani: Ini Momentum Dorong Ekonomi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk kembali memangkas suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Kebijakan ini diyakini menjadi kabar baik bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, langkah The Fed akan memberikan sentimen positif bagi negara-negara emerging market. Tren suku bunga rendah akan memberikan ruang untuk

"Jadi penurunan ini memberikan space kepada semuanya, termasuk Indonesia untuk bisa menggunakan momentum ini dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi," ujarnya di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Secara khusus, mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai penurunan FFR akan menggenjot pertumbuhan di sektor investasi. Pasalnya, penurunan FFR biasanya akan diikuti bank sentral negara-negara lain.

"Dari sisi investasi itu bisa jauh lebih positif karena dengan penurunan suku bunga berarti cost of money-nya jadi lebih rendah," katanya.

Perempuan yang akrab disapa Ani itu berharap dampak dari penurunan FFR sudah bisa dirasakan pada akhir 2019 nanti, bahkan 2020. Terlebih jika China dan AS bisa segera menemukan kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang.

"Kita berharap momentum ini akan muncul di akhir 2019 dan terus dijaga di tahun 2020. Dari sisi kebijakan pemerintah China dan AS sepertinya mereka bisa sepakat, tentunya ini akan menguatkan momentum positif," ucapnya.

Sebagai informasi, The Fed baru saja memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 1,50-1,75 persen pada Rabu (31/10/2019) waktu AS. Pemangkasan tersebut menjadi yang ketiga kalinya dilakukan The Fed sepanjang tahun 2019.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda