Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Bus Akan Naik pada Mudik Lebaran 2019

Okezone ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 19:09 WIB
Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Bus Akan Naik pada Mudik Lebaran 2019

Masyarakat akan beralih menggunakan bus pada mudik Lebaran seiring mahalnya tiket pesawat. (Foto:

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi kenaikan jumlah penumpang bus pada musim mudik Lebaran 2019. Apalagi pada tahun ini pemerintah kembali menyiapkan program mudik gratis dengan menggunakan bus.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi mengatakan, pada musim mudik Lebaran tahun ini diperkirakan ada peningkatan jumlah penumpang bus hingga 2 persen. Selama 2018, jumlah penumpang bus mencapai 4,51 juta penumpangan.

"Penumpang bus di 2018 itu 4,51 juta. Tahun 2019, itu 4,56 juta naiknya sekitar 2 persen," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut Budi ada beberapa hal yang membuat penumpang bus akan mengalami peningkatan. Alasan pertama karena saat ini pelayanan bus sudah semakin baik. Menurut Budi, baik bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP), Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Bus Pariwisata saat ini sudah diperbarui.

"Kalau jumlah busnya di 2018 itu ada 49.613 armada dan di 2019 naik menjadi 50.317 armada," ucapnya.

Tak hanya itu, akses jalan juga saat ini terus membaik. Apalagi saat ini jalan tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya sudah tersambung sepenuhnya.

"Kemudian bahwa untuk angkutan lebaran jalan tol dari Jakarta ke Surabaya sampai ke Grati Pasuruan sudah terhubung," tuturnya.

Di sisi lain lanjut Budi, saat ini juga ada pengalihan dari penumpang transportasi udara menuju darat. Hal tersebut menyusul mahalnya harga tiket pesawat yang kerap dikeluhkan masyarakat.

"Mungkin nanti Lebaran bus akan jadi moda transportasi idola mengingat penumpang pesawat turun," ucapnya. (Giri Hartomo)


Editor : Ranto Rajagukguk