Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka 15 Desember, Tarif Masih Dibahas

Okezone, Aditya Pratama ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 19:50 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka 15 Desember, Tarif Masih Dibahas

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II akan dibuka untuk umum pada 15 Desember 2019. (Foto: Antara/dok).

JAKARTA, iNews.id – Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II akan dibuka untuk umum pada 15 Desember 2019. Pada awal pembukaan atau masa sosialisasi, tol akan digratiskan hingga akhir liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) menyatakan, Tol Japek II Elevated untuk sementara hanya dibuka untuk kendaraan golongan I. Kehadiran tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan masa libur panjang di akhir tahun.

Tol Japek II elevated merupakan jalan tol layang pertama dan terpanjang di Indonesia. Dengan panjang 38 kilometer, ruas tol ini terbentang dari Cikunir, Bekasi hingga Karawang.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Jakarta Djoko Dwijono mengatakan, saat beroperasi penuh, tol akan menerapkan tarif. Saat ini, besarannya masih dibahas.

"Soal itu (tarif) masih dalam pembahasan oleh Kementerian PUPR karena menyangkut investor dengan pemerintah. Jadi kami belum bisa mengumumkannya sekarang," kata Djoko, Rabu (4/12/2019).

Dia menuturkan, pengoperasian fungsional Tol Japek II elevated untuk mengejar masa Nataru. Pada masa itu, kendaraan yang melintas diperkirakan padat.

Peresmian pengoperasian fungsional akan dilakukan pada 15 Desember. Pada hari yang sama pula, jalan layang tol bisa dicoba oleh masyakarat. Namun, pihak Jasa Marga belum dapat memastikan jangka waktu uji coba.

"Kalau lamanya waktu uji coba kita koordinasikan dengan pemerintah, khususnya Kementerian PUPR," ucapnya.


Editor : Zen Teguh